MEMBANGUN RADIO POCKET SEDERHANA

Assalamu’alaikum..

Pada kesempatan kali ini , saya akan membahas sedikit tentang radio pocket superheterodyne yang saya buat.

Gambar 1

Gambar 1 adalah radionya

Pada bagian ini , sedikit penjelasan bahwa radio dibangun menggunakan travo if (intermediate frekuency) mohon koreksi apabila salah , tiga buah dengan warna Kuning , Putih , Hitam .

Gambar 2.

Dengan menambahkan DDS yang di set VFO+BFO maka akan didapatkan beberapa mode .

Yaitu

mode AM untuk pita siaran Broadcasting termasuk rekan briker di 4mhz (Gambar 1) .

Gambar 3.

Pada gambar 3 adalah mode LSB di 40m band

Mode LSB/USB/CW adalah mode yang digunakan rekan amatir radio berkomunikasi .

SKEMA SEBAGAI BERIKUT

Gambar skema dan sedikit penjelasan

Bagian if

Pada bagian IF , rf out adalah ke detektor dan rf in adalah input dari rf out mixer

Mixer
Detector

Detektor out langsung ke AF Amp tanpa perlu penguat tambahan , karena suara sudah sangat keras

Karena saya menggunakan DDS Si5351 maka pada bagian Mixer tertulis CLK 0 , BFO hanya seutas kabel dan disolder langsung di dekat/bawah travo IFT KUNING

Untuk audio masih menggunakan LM386 (gambar 4), karena menggunakan tegangan suplai dari baterai.

Untuk DDS silahkan anda kreasikan sesuai dengan yang diinginkan

Atau kunjungi alamat ini JCR DDS SI5351 (terimakasih untuk projects yang luar biasa)

Tampilan setelah dirakit
Gambar 4.

Untuk vidio demo akan saya post di YouTube

Terimakasih sudah menyempatkan waktu anda untuk melihat tulisan saya

Mohon maaf apabila kurang tertata , silahkan tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar

Jangan lupa dukungan anda agar saya semakin bersemangat bereksperimen

Wasallam..

#update , tombol kuning (Gambar 5.) adalah tombol untuk mengganti encoder

Semula menggunakan tombol push encoder dan saya mengganti dengan encoder tanpa tombol

Gambar 5

Published by

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai