REGENERATIVE VHF/FM RECEIVER

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah menyempatkan mengunjungi halaman ini.

Sebagai pegiat amatir tentunya anda tidak pernah terlepas dari perangkat radio , Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik).

Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Saat ini radio dapat didengarkan melalui ponsel pintar, berbeda halnya sebelum abad ke-20, ketika konsep nirkabel masih dianggap kisah fiksi semata.

Di jaman modern seperti sekarang ini tentunya banyak sekali produk radio terbaru yang sangat efisien , tentunya dengan kualitas bagus dan semakin tinggi pula biaya untuk mengoperasikan.

Salah satu solusi adalah dengan membangun radio sendiri , dengan bahan yang murah tentunya

Radio regeneratif , dengan menggunakan alat seadanya dan dengan komponen yang terbilang sedikit , cukup mudah untuk membangun bahkan pemula seperti saya

banyak sekali skema dan jenis radio regeneratif dan yang kita bahas kali ini radio regeneratif yang bekerja pada pita siaran VHF/FM dengan skema ini

Ketuk gambar untuk memperbesar.

Dengan komponen sederhana, untuk transistor disini saya menggunakan MPSH3355 bekas copotan boster tv , untuk kualitas terbaik silahkan gunakan transistor umum untuk frekuensi VHF seperti BF199.

L1 adalah lilitan kawat inti udara dengan jumlah 4lilit diameter lilitan 5mm

untuk Capasitor tuning hanyae mbutuhkan 5-30pf saja

kunci keberhasilan rangkaian ini adalah nilai L1 dan RFC untuk emitor transistor (silahkan sesuaikan untuk hasil terbaik denganerubah nilai resistor 100-470ohm).

Range frekuensi berkisar antara 93-140mHz dengan merenggangkan atau merapatkan L1.

*koreksi untuk output silahkan tambah Capasitor sebelum potensio af amp

untuk hasil penerimaan dan selektifitas akan saya post di YouTube.

Silahkan tinggalkan komentar atau email jika butuh skema untuk memperjelas.

Terimakasih sekali lagi.

Untuk vidio demo silahkan klik link berikut

Published by

2 tanggapan untuk “REGENERATIVE VHF/FM RECEIVER”

  1. Orang jawa bos ?

    Suka

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai